Gerakan mata tentukan ketertarikan seseorang pada seks dan cinta

Gerakan mata tentukan ketertarikan seseorang pada seks dan cinta

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago, mencoba untuk mencari tahu hubungan antara tujuan mata dan asmara.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science melibatkan peserta pria dan wanita yang merupakan mahasiswa di Universitas Jenewa. Para peserta diminta untuk melihat foto-foto hitam putih dari orang yang mereka tidak tahu. 

Setelah itu, mereka diminta untuk mengatakan apakah foto itu telah membangkitkan rasa cinta atau hasrat seksual dalam pikiran mereka.

Pada akhir penelitian, peserta diminta untuk melakukan hal yang sama, tetapi mereka telah diberitahu untuk membuat pilihan mereka, sementara komputer diprogram untuk merekam gerakan mata mereka. 

Meskipun peserta dapat mengevaluasi setiap gambar dalam hitungan detik, tetapi gerakan mata mereka bisa mengatakan sesuatu yang lebih kompleks dari itu.

Ketika para peserta diminta apakah orang dalam foto adalah seseorang yang dapat membangkitkan gairah seksual, mata mereka akan difokuskan pada tubuh seseorang dalam foto dari wajahnya. Ketika keinginan mereka didasarkan pada cinta, mata mereka akan menatap lebih lama pada wajah seseorang di foto.

"Perhatian stimulus visual yang mencerminkan sebagian besar fitur yang paling relevan dengan keinginan atau tujuan seseorang," jelas peneliti, seperti dikutip Cosmopolitan.