Nikmatilah Pekerjaan di Masa Muda, Agar Tidak Membahayakan Kesehatan di Masa Depan


Apakah Anda merasa puas dengan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang? Jika tidak puas dengan pekerjaan, maka Anda harus waspada dan memperhatikan kesehatan Anda. Untuk rasa ketidakpuasan yang dapat membahayakan kesehatan Anda tanpa Anda menyadarinya. Bagaimana bisa?

Ketidakpuasan dengan pekerjaan dapat membahayakan kesehatan di kemudian hari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidak puas dengan pekerjaan pertama Anda dapat membahayakan kesehatan Anda di zaman yang akan datang. Pernyataan ini berasal dari sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University.

Dalam studi ini, peneliti mengumpulkan pendapat dan data dari 6.400 pria dan wanita pekerja dengan rentang usia antara 25 hingga 39 tahun. Semua peserta studi diberi pertanyaan tentang pekerjaan mereka ketika mereka berusia 20 tahun. Peserta diminta untuk menilai kepuasan rasa yang berhubungan dengan pekerjaan yang ia lakukan pada saat itu.


Kemudian pada akhir penelitian ada empat kelompok pekerja, yaitu, 45% tidak puas dengan pekerjaan, 15% puas, 23% kepuasan nuansa berkurang dengan waktu, dan 17% lebih merasakan kerja yang dilakukan sekarang adalah untuk memuaskan mereka .

Selain itu, perhatikan juga bahwa kelompok pekerja yang memiliki tingkat kepuasan yang rendah terhadap pekerjaan, cenderung mengalami depresi, masalah tidur dan gangguan kecemasan. Hal ini membuat mereka rentan terhadap penyakit lain karena masalah kesehatan mental yang dialami.

Mengapa tidak puas dengan pekerjaan dapat berbahaya bagi kesehatan di masa depan?

Sebenarnya itu lebih berkaitan dengan kesehatan mental Anda. ketidakpuasan dengan pekerjaan yang timbul dari berbagai hal yang kemudian menyebabkan Anda mengalami tekanan dan stres. Jika stres tidak ditangani dan merespon dengan baik, bukan tidak mungkin yang memperburuk kesehatan Anda.

Beberapa masalah kesehatan yang Anda mungkin tidak menyadari akibat dari ketidakpuasan dengan pekerjaan, seperti gangguan tidur, sering merasa sakit kepala, kelelahan mengangkat, sakit perut, dan otot terasa sakit. Ini adalah gejala yang paling umum terjadi ketika seseorang merasa stres dan depresi.

Belum lagi stres dan depresi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan nafsu makan, atau bahkan sebaliknya, merusak mood, dan penurunan motivasi untuk latihan. Pada akhirnya, Anda akan menerapkan gaya hidup sehat dan risiko lebih tinggi terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, stroke, serangan jantung, dan diabetes mellitus

Bagaimana menghindari penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan?

Semua pekerjaan harus memiliki tekanan dan tuntutan masing-masing, oleh karena stres pasti mengalami. Namun, hal yang paling penting adalah bagaimana cara mengatasi dan merespon stres sehingga tidak tarik dan menyebabkan masalah. 

Berikut tips untuk mengatasi stres pekerjaan:

Tahu apa yang menyebabkan kesusahan Anda. Jika Anda merasa pekerjaan yang dilakukan saat ini tidak sesuai dengan Anda, maka membicarakannya dengan atasan Anda.

Mencoba untuk merespon stres dengan cara yang sehat. Banyak orang membuat makanan melarikan diri dari tekanan ia hadapi. Bahkan yang terburuk adalah untuk membuat rokok atau alkohol sebagai pelarian. Tentu saja hal ini tidak sehat. 

Jika memang Anda perlu hal-hal untuk mengalihkan perhatian Anda, maka Anda dapat melakukan hal-hal positif lainnya sesuai dengan kegemaran Anda.
Sisihkan waktu untuk diri sendiri. Anda perlu waktu untuk membuat diri kita nyaman, tenang, dan santai. 

Jika Anda tidak dapat mengambil waktu off, Anda dapat benar-benar mencoba untuk menyisihkan waktu selama akhir pekan atau hanya ketika saya pulang ke rumah. Pastikan bahwa tugas kantor selesai dan Anda bisa mematikan gadget Anda agar tidak mengganggu ketika menghabiskan waktu sendirian.



Sumber : https://hellosehat.com