5 Cara mudah dapatkan kulit cerah merona tanpa kosmetik mahal

5 Cara mudah dapatkan kulit cerah merona tanpa kosmetik mahal

Belakangan ini beredar berbagai krim wajah yang menjanjikan kulit cerah merona setelah pemakaian rutin. Kamu pun tertarik mencobanya, kan? Apalagi bagi yang memiliki kulit pucat. Rona pink sehat di wajah adalah hal yang sangat sulit untuk didapatkan.

Ternyata, tak perlu kosmetik mahal keluaran merek ternama pun kamu bisa mendapatkan kulit cerah dengan rona sehat, lho. Caranya pun tidak sulit. Mau tahu? Simak tips-tips berikut.


1.
Buah dan sayur kaya lycopene


Cara paling sederhana dan efektif untuk mendapatkan kulit dengan rona sehat alami adalah dengan mencukupi asupan lycopene dalam tubuh kita. Menurut situs FitDay, lycopene adalah jenis karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan organ dalam manusia.

Beberapa krim perawatan wajah menambahkan kandungan lycopene di dalamnya untuk memberikan efek merona bagi kulit pemakai produk. Kamu juga bisa mendapatkan efek ini dengan rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, kuning, dan jingga seperti wortel, tomat, mangga, jambu merah, paprika, bit, dan pepaya.

Coba praktikkan dan perhatikan perbedaan warna kulitmu setelah beberapa minggu mengonsumsi bahan makanan kaya lycopene ini.


2.
Minum air putih


Menurut situs Life Martini, air putih adalah salah satu kunci untuk dapatkan rona sehat di kulitmu. Air putih berfungsi sebagai pelarut yang membantu proses detoksifikasi atau pelunturan racun di dalam tubuh dan kulit. Racun-racun inilah yang menjadikan kulit bermasalah dan tampak tak segar.

Cobalah rajin minum air putih minimal 8 gelas sehari. Usahakan untuk meminumnya secara berkala, misalnya setiap satu atau dua jam sekali.


3.
Olah raga


Kulit pucat, kusam, dan tidak segar bisa jadi disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar dan detoksifikasi yang terhambat. Tak perlu sauna di salon spa, kamu bisa mengatasi hal ini dengan olah raga secara teratur.

Olah raga sampai berkeringat akan melancarkan sirkulasi darah, membuka pori-pori kulit yang tersumbat, dan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh melalui keringat. Kulit pun akan tampak lebih merona dan sehat.


4.
Toner cuka apel


Selain detoksifikasi dari dalam dengan minum air putih dan olah raga, kamu juga bisa melengkapi perawatan untuk kulit sehat merona dengan toner bersifat detoks ini. Kamu cuma perlu membersihkan wajah dengan cuka apel.

Cuka apel merupakan bahan yang bersifat membersihkan secara menyeluruh, sesuai untuk detoksifikasi kulit. Teteskan cuka apel di atas kapas, lalu usapkan pada wajah yang sudah bersih dari kosmetik. Kalau tiodak ada cuka apel, kamu juga bisa memanfaatkan cuka biasa. Tetapi kamu harus mencampurkannya air dengan perbandingan 1:2 terlebih dahulu, karena sifat asam cuka biasa lebih kuat daripada cuka apel.

Lakukan perawatan dengan toner alami ini seminggu dua kali dan lihat perbedaannya dalam satu bulan.


5.
Masker mawar


Kamu pasti pernah mendengar produk krim wajah yang mengandung pigmen pink dari bunga mawar dan anggrek, kan? Tumbuh-tumbuhan yang banyak mengandung pigmen merah atau merah muda kebanyakan memang bisa dimanfaatkan untuk campuran kosmetik.

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami dari alam untuk mendapatkan kulit merona dengan masker yang terbuat dari kelopak bunga mawar merah. Berikut ini resepnya yang disadur dari Life Martini.

Bahan:
-Segenggam kelopak mawar merah segar
-3-4 biji almond
-1 sendok teh madu organik
-3 lembar daun mint

Cara membuat:
-Haluskan kelopak mawar, almond, dan daun mint dengan blender (pastikan blender sudah dicuci bersih).
-Tambahkan madu organik, kemudian campur hingga merata.

Segera aplikasikan masker pada wajah. Jangan tunggu sampai beberapa menit, karena masker akan segera bereaksi dengan udara (terlihat dari warnanya yang berubah). Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan dengan masker ini seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Itulah 5 cara mudah dan murah untuk mendapatkan kulit merona alami tanpa kosmetik. Silakan mencoba.